Follow Us @agnes_bemoe

Thursday 20 April 2017

OLEH-OLEH APA DARI KUANSING?

Jujur, saya tidak sempat secara khusus mencari oleh-oleh khas Kuansing. Namun, pengalaman seuprit ini mungkin bisa jadi gambaran bila ingin mencari oleh-oleh.
Krupuk Sagu, Seberang Taluk, Taluk Kuantan

KRUPUK SAGU
Umumnya, makanan kecil yang bisa jadi oleh-oleh yang menarik adalah penganan berbahan dasar ketan, seperti lomang (lemang) atau lopek (lepat). Sayang sekali, saya tidak sempat membawa pulang penganan-penganan itu.
Namun, saya berjodoh dengan yang satu ini: Krupuk Sagu. Ini makanan ringan, gurih, dan comforting. Buat saya, makanan ini mengingatkan akan masa kecil saya (ini makanan masa kecil :D).

Saya kurang tahu, apakah di pertokoan ada, tapi saya mendapatkannya dari seorang ibu pengusaha Krupuk Sagu yang tinggalnya di Seberang Taluk. Dengan hanya Rp. 10.000,- kita sudah mendapat satu bungkus besar Krupuk Sagu.

MAS TALUK
Sepanjang yang saya tahu, mas Bagansiapiapi (Rokan Hilir) adalah mas yang bagus. Ternyata kota Taluk Kuantan juga menghasilkan mas yang tinggi mutunya.
Bila anda suka berinvestasi di logam mulia, mungkin bisa dipertimbangkan membawa pulang mas Taluk. Catatan, berbeda dengan di Jawa, di Sumatera mas diukur dengan satuan mas, bukan gram. Satu mas sekitar 2 - 3 gram.

OLAHAN DURIAN
Durian memang jadi buah khas Riau. Tidak heran kalau Taluk Kuantan menyediakan berbagai penganan berbahan dasar durian. Untuk olahan durian, anda bisa membawa pulang pancake durian. Tapi, tanyakan dulu bisa tahan berapa jam di luar freezer.
Pancake durian ini adalah daging durian yang dibungkus crepe basah. Rasanya manis dan gurih durian. Enak!

KERAJINAN TANGAN MOTIF TAKULUAK BAREMBAI
Nah, yang ini saya tertarik banget, sayangnya belum ada (belum banyak).


Btw, "Takuluak Barembai" adalah motif hiasan pada baju khas perempuan Kuantan. Motif itu disusun dari renda biku (renda yang bentuknya berkelok-kelok), dengan warna pakem hitam, emas/kuning, merah, dan putih, di atas dasar hitam.

Motif ini diterakan pada busana perempuan. Namun demikian, sekarang motif ini dipakai untuk yang lain, misalnya tas tangan. Sayangnya, belum ada produksi partai besar untuk ini. Saya yakin sekali, penggila motif etnik akan ngiler berat melihat tote bag, atau tas tangan, atau clutch motif Takuluak Barembai ini.

Begitulah kira-kira oleh-oleh yang bisa kita bawa dari Taluk Kuantan. Seru, 'kan?

***

Rantau Kuantan, 18 April 2017
@agnes_bemoe

Catatan: Foto Takuluak Barembai milik Wigati Isye

No comments:

Post a Comment