Follow Us @agnes_bemoe

Monday 10 April 2017

Nino, Si Petualang Cilik - Semangat Nusantara di Bologna Book Fair 2017

Awal April kemarin saya di-tag oleh akun Penerbit BIP di Twitter. Ternyata buku saya, "Nino, Si Petualang Cilik" diikutkan di Bologna Book Fair 2017.

Nino, Si Petualang Cilik di Bologna Book Fair. Foto diambil dari page Komite Buku


Tentu saja saya senang, bangga, dan bersyukur. Mudah-mudahan ada penerbit luar negeri yang tertarik pada Nino.

Btw, Nino berisi 10 cerita tentang budaya dan tradisi Nusantara. Di antaranya: Hombo Batu di Nias, Tradisi Perang Suku di Papua, Pasola Sumba, atau Lomba Lanting Bambu di Kalimantan. Pokoknya, khas Nusantara. Anak-anak Indonesia seharusnya tahu dan kenal tradisi-tradisi ini dan selanjutnya menghormati dan menjaga tidak sampai punah. 

Punah? Ya, tidak hanya modernisasi yang jadi "musuh" tradisi-tradisi Nusantara. Radikalisme yang muncul bagai jamur di musim hujan di bumi Indonesia benar-benar mencemaskan. Radikalisme ini seringnya memandang dan mendakwa tradisi Nusantara sebagai sesuatu yang harus dihilangkan dan diganti. Mungkin tidak langsung secara keseluruhan, tapi pelan-pelan, bagian per bagian "dimusuhi" lalu diganti. Ini mencemaskan. Sangat mencemaskan. Apalah Indonesia tanpa keragaman budayanya yang dikagumi dan diirikan oleh pelbagai negara lain di dunia? 

Sebagai penulis cerita-cerita anak, yang 'konstituen' saya adalah masa depan bangsa ini, saya memilih sikap menjaga dan mempertahankan budaya dan tradisi Nusantara. Saya ingin dikenang sebagai penulis yang menghargai dan menjaga Nusantara, bukan sebaliknya. 

Mudah-mudahan, "Nino, Si Petualang Cilik", membawa pesan, baik kepada Indonesia maupun dunia, tentang Indonesia yang sebenar-benarnya. 

***

Pembatuan, 10 April 2017
@agnes_bemoe

No comments:

Post a Comment