Follow Us @agnes_bemoe

Tuesday 8 October 2013

BEHIND THE SCENE [BTS]: SEPERTI TERPERANGKAP DI ROLLER-COASTER RUSAK! (Bagian ke-2)

Sambungan dari tulisan ini.

Seperti habis mendapatkan wahyu, aku pun menulis ulang "Aubrey". Nyaris seperti kesetanan. Aku ingat, jari-jariku sampai kaku! (Lagi-lagi: lebay! :D)


Tidak percuma, naskahku akhirnya diterima. Ada revisi sih, tapi sedikit sekali. Syukurlah!




MASIH MAIN ROLLER COASTER, RUPANYA!

Naskh selesai, lanjut dengan ilustrasi. Sambil naskah diilustrasi, aku leyeh-leyeh. Lega rasanya bisa menyelesaikan sesuatu yang aku kira aku tak bisa mengerjakannya.

Lalu, ada berita, ada masalah dengan proses ilustrasi. Perasaanku waktu itu: tenang. Aku pikir, biasa sih, kalau ada masalah di salah satu bagian prosesnya. Aku hanya berharap bisa segera diselesaikan. Terus terang, aku malah kasihan sama mbak editornya, kalau sampai ilustrasi bermasalah sama sekali.

Syukurlah, akhirnya masalah terselesaikan. Fiuh! Ikut lega juga. Berarti tinggal membuat kaver kemudian naik cetak. 

Lalu, datanglah swing terakhir dari permainan roller coaster ini. 

Berdasarkan beberapa pertimbangan point-point tentang HIV/AIDS harus diubah. 

Kali ini aku tidak berhasil untuk tetap tenang. Rasanya seperti di-embrug-i awan cumulus.

Oke deh, kalau diubah, ya diubah. Semalaman aku mengotak-atik naskahnya karena sudah dikejar target terbit. Untunglah, mbak editor membantu dengan menyuplai banyak ide. Pagi-pagi buta, sekiar jam 2 mungkin, naskah kukirim. Sempat down, kalau revisi tidak diterima dan tidak jadi terbit, ya sudah lah... 


Keesokan harinya, dalam kondisi masuk angin berat (maklum, sudah tidak pernah lagi begadang), aku dikabari bahwa revisi diterima. Syukurlah! Tidak sanggup membayangkan bagaimana kalau ternyata masih harus diubah lagi....





HAPPY ENDING

Buku cerita dan novel yang kutulis masih sangat sedikit. Baru 2 kumpulan cerita dan 1 novel anak, yakni "Aubrey" ini. 

Dari yang sedikit itu, proses penulisan novel "Aubrey" inilah yang paling "rruarr biasa"! Mulai dari penulisan awal sampai dengan detik-detik terakhir, sepertinya ada saja halang rintangnya.

Tapi, aku suka banget sama prosesnya ini. Kenapa? 1) Prosesnya cepat. Dari April, Oktober sudah terbit. 2) Ini nih yang paling aku suka. Aku suka sama mbak editornya! Beliau itu sabar dan kreatif sekali. Lalu komunikatif juga. Jadi, aku sebagai penulis merasa dibimbing banget. 

Jadi, seberapapun perutku terasa "mual" karena "roller-coaster" ini, aku tetap senang! Happy Ending untuk cerita proses penulisan novel "Aubrey" ini.

Lalu, novelnya sendiri, happy-ending, tidak? Idih! Baca bukunya dong.... :D


***

Selesai


Pekanbaru, 8 Oktober 2013
@agnesbemoe

No comments:

Post a Comment